CirebonJabarnesiaMudik Lebaran

Persiapan Angkutan Mudik Lebaran, Sejumlah Klakson Telolet Disita

CiremaiNews.com, Cirebon – Polresta Cirebon bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon dalam menjalankan pengecekan kesiapan kelengkapan sarana dan prasarana (Sarpras) kendaraan serta kesehatan sopir bus di PO Sahabat dan Jalu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah, menyatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan angkutan mudik menjelang Lebaran Idul Fitri 2024.

“Dalam upaya memastikan kesiapan angkutan mudik, kami bersama Polresta Cirebon melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan serta kesehatan sopir bus,” ujar Hilman kepada wartawan pada Senin (1/04/2024).

Hilman melanjutkan selama pengecekan, ditemukan beberapa kendaraan yang masih kurang dalam kelengkapan seperti Kartu Uji. Selain itu, hampir semua kendaraan bus yang diperiksa menggunakan klakson telolet. Oleh karena itu, masih kata dia semua akan dilakukan penyitaan klakson telolet tersebut karena dapat membahayakan keselamatan, terutama anak-anak.

“Tidak hanya kelengkapan kendaraan, kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir bus yang dilakukan oleh jajaran Polresta Cirebon,” tambah Hilman.

Dalam kesempatan yang sama, Kanit idik II Sat Narkoba Ipda, Tatang Sugiarto, menyatakan bahwa pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine terhadap para sopir yang akan bertugas selama arus mudik Lebaran.

“Melalui tes urine, kami berupaya mencegah pengemudi yang menggunakan narkoba atau obat-obatan terlarang saat berkendara. Jika ada yang positif, mereka akan diamankan dan tidak diperbolehkan beroperasi,” jelasnya. (Effendi)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *